Klaim Asuransi Mobil Agar Cepat Disetujui

15-12-2015 04:38:31, pada Umum

tips dan cara klaim asuransi mobil agar disetujuiSuatu saat jika anda memiliki sebuah asuransi mobil, tentu anda tidak hanya menyetor premi bulanan kepada perusahaan asuransi mobil tersebut. Namun, ada masanya anda akan membutuhkan asuransi tersebut apabila mobil anda mengalami kecelakaan. Setelah itu, anda akan menggunakan asuransi tersebut dan mengajukkan asuransi tersebut dengan kata lain Klaim. Klaim ialah upaya seorang pemegang polis meminta ganti rugi pada perusahaan asuransi karena terjadinya kecelakaan atau pencurian pada mobil yang telah diasuransikan. Ada beberapa prosedur yang harus anda lakukan untuk mengkalim dana asuransi tersebut:

Berikut Tips dan Cara jitu untuk Klaim Asuransi Mobil :

1. Menghubungi perusahaan asuransi

Bila anda mengalami mobil anda mengalami kecelakaan atau dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab, hal pertama kali yang harus anda kerjakan ialah menghubungi perusahaan asuransi yang berkaitan dalam kurun waktu 3 x 24 jam, cara mengkalim anda dapat lewat sms, telephone, SMS, lewat E-mail atau segera datang ke perusahaan. Ada baiknay pengajuan tersebut dengan jangka waktu yang cepat, agr anda tidak mengalami penolakan kalim asurasni mobil karena alasan melewati batas periode klaim.

2. Memberi Bukti Foto

Ketika mobil anda mengalami kecelakaan dan mobil anda masih dapat jalan, ada baiknya anda untuk membawa mobil tersebut ke salah satu bengkel rekanan perusahaan asurasni tersebut. Bila mobil anda mengalami rusak berat, sebaiknya fotolah mobil tersebut terlebih dahulu. Foto tersebut akan menjadi bukti bahwa kecelakaan tersebut benar-benar terjadi.

3. Isi formulir

Anda harus mengisi Gomulir yang disiapkan oleh perusahaan asuransi tersebut. Formulir ini juga merupakan sebagai salah satu dokumen yang harus dilengkapin agar asurasni and berhasil di klaim.

4. Memberi info yang jelas

Setelah itu yang perlu anda kerjakan adalah memberi informasi info tentang rentetan peristiwa kecelakaan kepada asuransi dengan sebetul-betulnya. Hal ini akan menjadi pertimbangan peusahaan asuransi apakah klaim anda dapat diterima atau tidak (karena informasi yang tidak masuk akal dan jelas).

5. Mempersiapkan dokumen

Ini merupakan suatu hal penting yang harus anda lengkapi dokumen yang di tawarkan oleh perusahaan asuransi. Mengenai dokumen-dokumennya seperti berikut :

Dokumen kecelakaan

 

  • Formulir klaim yang sudah di isi. Sistem klaim baru bakal dikerjakan perusahaan asuransi, bila pemegang polis telah isi formulir klaim dengan komplit.
  • Fotocopy polis asuransi mobil. Dokumen ini untuk menunjukkan bahwa ia memang sungguh-sungguh jadi nasabah pada perusahaan asuransi itu. Diluar itu, untuk tahu apakah premi sudah dibayar sesuai sama kesepakatan atau belum.
  • Fotocopy SIM. Dokumen ini untuk tahu benar tidaknya ia telah diizinkan oleh pihak kepolisian untuk mengendarai mobil.
  • Fotocopy STNK. Ini dapat jadi bukti mobil itu kepunyaannya atau bukanlah.
  • Surat info dari kepolisian. Dokumen ini dapat jadi pertimbangan perusahaan untuk memberi ubah rugi atau tidak. 

 

Dokumen tanggung jawab pihak ketiga (Apabila ada pihak ketiga)

 

  • Surat pernyataan tuntutan ubah rugi dari pihak ketiga. Dokumen ini jadikan jaminan bahwa memanglah benar pemegang polis yang menyebabkan rusaknya pada mobil pihak ketiga.
  • Surat pernyataan tak ada asuransi. Umumnya terdapat banyak perusahaan asuransi akan tidak ubah rugi bila pihak ketiga mempunyai asuransi mobil. Oleh karenanya, dokumen ini jadi prasyarat yang utama.
  • Fotocopy SIM, KTP, serta STNK. SIM untuk menanggung bahwa ingindara benar telah mempunyai izin dari kepolisian. KTP serta STNK jadi bukti bahwa mobil itu memanglah hak kepunyaannya.
  • Surat info dari kepolisian. Surat ini menunjukkan bahwa memanglah ketika serta ditempat itu ada kecelakaan pada mobil itu.

 

Komentar :

Nama :
E-mail :
Web :
Komentar :
Masukkan kode pada gambar

    [Emoticon]

Pengumuman PPMB

Artikel Popular

  • Tips Memilih Asuransi Kendaraan (Mobil)
    Keluarga - 09-11-2015 10:43:38  (1)
  • Komentar Terbaru

  • Tips Memilih Asuransi Kendaraan (Mobil)
    sewa mobil solo - 18-01-2016 03:55:22